Bali beach
NIKMATI BERPETUALANG DI AMERIKA

Paspor dan Visa Amerika

Passport merupakan dokumen perjalanan yang harus Anda siapkan sebelum berangkat dengan masa berlaku 6 bulan. Bagi warga negara Indonesia, untuk memasuki Amerika diperlukan visa, baik itu Visa Amerika maupun Canada.

Visa adalah salah satu syarat utama yang wajib dimiliki oleh seseorang agar dapat masuk wilayah kedaulatan sebuah negara.

Kecuali negara itu memiliki perjanjian bebas visa dengan negara kita, misalnya orang indonesia bisa bepergian ke singapura atau malaysia tanpa harus orang tersebut membuat visa terlebih dahulu. Proses permohonan mendapatkan visa untuk beberapa kalangan dirasa sulit karena faktanya orang-orang yang berasal dari Negara konflik akan menemukan kesulitan dalam memperoleh visa untuk ke amerika serikat.

Negara memilki system keamanan yang modern dan sangat kuat.
Melihat pengalaman-pengalaman mengurus visa di beberapa negara di dunia, urusan yang satu ini sebenarnya kegiatan yang tidak gampang namun tidak sesulit yang dibayangkan, semua itu tergantung ke negara mana kita hendak berkunjung.

Untuk diketahui bahwa pada dasarnya tujuan pembuatan visa hanya sekadar masalah tertib administrasi saja. Hal itu maksudnya, pihak negara yang akan dikunjungi itu ingin agar semua tamunya terdata dengan baik dan jelas, hal ini juga demi keamanan negara tersebut. Tetapi , tidak semua negara tersebut merasa nyaman dikunjungi.

Tapi sudah menjadi rahasia umum, negara yang paling bersikap paranoid untuk urusan yang satu ini adalah Amerika Serikat. Hal ini bisa dilihat dari ratusan orang yang terlihat antri setiap paginya di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di depan Stasiun Gambir, Jakarta, tidak sampai separuhnya yang sukses mendapatkan visa untuk memasuki wilayah Amerika Serikat, sungguh kenyataan yang sulit dipercaya, karena beberapa pemohon menyatakan bahwa surat-surat maupun dokmen yang diperlukan sudah mereka lengkapi.

Berikut ada pengecualian untuk negara-negara di bawah bendera Uni Eropa. Saat ini mereka mengimplementasikan visa “satu atap” yang disebut dengan nama Visa Schengen. Dengan memiliki visa ini, kita bisa memiliki hak berkunjung ke beberapa negara sekaligus hanya dengan satu visa.

Dan untuk mengurusnya, bisa di kedutaan besar negara Uni Eropa dimana pun. Tapi perlu diketahui bahwa standar pelaksanaannya adalah diurus di negara yang akan kita kunjungi paling lama di antara negara-negara yang mungkin akan kita kunjungi.

Jika ternyata relatif sama, maka yang diambil adalah negara pertama yang akan kita singgahi. Dilihat dari faktor alasan keamanan warga negaranya dan keamanan si pengunjung itu sendiri, pemerintah Amerika Serikat memang sangat ketat dalam menyeleksi siapa saja orang yang boleh masuk dan siapa yang tidak boleh masuk ke wilayah amerika serikat. Meskipun alasannya sangatlah bagus, namun tidak jarang masalah subyektivitas dalam menilai pemohon visa sangat kental.

Dalam hal mengurus visa di semua kedutaan besar negara-negara lain, pemohon harus memulai proses dengan membuat jadwal interview. Untuk Amerika Serikat, permohonan pembuatan janji jadwal interview harus dilakukan secara online lewat situs web Kedubes AS.

Akhir tahun 2005, pemerintah Amerika Serikat mengharuskan semua pemohon untukmenggunakan formulir aplikasi pendaftaran elektronik (formulir DS-156) yang diisi di situs web yang telah disediakan. Formulir ini bisa diisi pada halaman web ini.

Setelah itu cetak dan bawalah formulir yang sudah diisi dan mendapatkan barcode dari web ini ketika anda hendak mengantri di kedutaan. Tanpa membawa paspor dan formulir, anda tidak akan dilayani.

Dan jangan lupa pula menyertakan pas foto berukuran 5×5. Ada standar ukuran khusus yang telah ditetapkan. Untuk mempermudah anda dalam mengurus visa ini anda bisa meminta agen atau biro perjalanan anda untuk memperoleh visa tersebut.